Daftar Isi

Persiapan Python
Instalasi Python di Windows 10
Instalasi PyCharm Community Edition
Membuat Akun Github
Menginstal Git dan Menggunakan Git di PyCharm
Memulai Proyek Python Dengan PyCharm dan VirtualEnv
Persiapan Project #01
Sequential
Percabangan
Perulangan
Tipe Data List
Tipe Data Dict
Menyelesaikan Project
Persiapan Project #02
Berkenalan Dengan Fungsi
Berkenalan dengan Package
Menggunakan Package Requests
Persiapan Project #03
Encapsulation
Inheritance
Polymorphism
Studi Kasus OOP: Menggunakan BeautifulSoup4
Mengenal Anaconda

Python Crash Course - Part 3: Object Oriented Programming

Beginner

Object Oriented Programming atau OOP adalah koentji dari pengembangan software modern yang dimulai dari sekitar awal tahun 2000. Sebelum OOP, pengembangan software dilakukan dengan menggunakan fungsi/prosedur yang selanjutnya disimpan ke dalam file (atau modul jika menggunakan istilah Python), dimana selanjutnya file-file tersebut disimpan ke dalam direktori-direktori (atau package jika menggunakan istilah Python). Pendekatan ini tidak mengalami masalah jika software masih dalam tahap skala kecil. Namun untuk tahap software yang kompleks, pendekatan ini sering mendatangkan kesulitan dalam pengembangannya.

Sampai kemudian OOP dikembangkan dengan satu mindset utama: "Segala sesuatu di dalam software adalah object, yang didalamnya mengandung method dan atribute". Itu koentji utama OOP. Sederhana, namun jika diterapkan pada pengembangan software, kesederhanaan itu akan terbukti nyata membuat software yang dihasilkan.

Pada bagian ini kamu akan memahami apa itu OOP dan menggunakannya untuk merancang ulang Program yang sudah kita buat pada Bagian Sebelumnya.