Odoo • Image and Text

Dwi Hartanto: "Tidak Sengaja" Menuju $10K via Upwork


Sesi sharing success story Bootcamp I Remote Worker Indonesia dimana mas Diky Hadna membagi tips suksesnya,  ternyata menjadi jalan bagi perubahan arah hidup mas Dwi Hartanto: seorang expert Graphic Designer yang berdomisili dan berkantor di Jogja. Bagi yang sudah paham, besar gaji di Jogjakarta adalah relatif... maksud saya secara absolut, jauh lebih rendah dari gaji untuk kerja dan tanggung jawab yang sama jika dibandingkan dengan Jakarta.

Padahal meskipun tinggal di Jogja dengan trafik yang relatif lebih ringan dibandingkan Jakarta, Mas Dwi masih harus berangkat ke kantor pagi dan sampai kembali di rumah antara Maghrib - Isya selama hari-hari kerja. Menurut saya pribadi, hal tersebut mungkin worth saja jika dibarengi dengan gaji yang double digit. Namun, .. hei, ini Jogjakarta. Menembus 5 juta / bulan .. sudah bagus sekali.

Klik disini diskon Rp 100.000 untuk layanan Job Hunt Assistance!

Sampai dengan suatu ketika Mas Dwi menyapa saya via Messenger dengan surprise berikut ini,


Aku nang upwork wes entuk 5K mas

Waow. Surprise! USD 5000, jika dengan kurs Rp. 13.5000, maka akan menjadi sekitar IDR 65 juta - 70 juta. Jika kita pergunakan gaji jogja yang berkisar Rp 5 juta, maka gaji senilai USD 5000 itu akan bisa tercapai dalam kurang lebih 1 tahun. Dengan Remote work? Dalam hitungan 3-4 bulan saja (itu pun tidak fulltime 9-5, dan dilakuan dari rumah).

Semenjak saat itu Mas Dwi sering saya minta mengisi success story saat bootcamp-bootcamp onsite Remote Worker Indonesia diadakan. Dan hal utama yang saya simak adalah kata-kata mas Dwi kurang lebih berikut ini:



Saat saya pergi ke warung yang dulu itu, adalah saat yang mengubah hidup saya.

Karena saat itulah Mas Dwi tanpa sengaja datang ke tempat saya yang kok ya ndilalahe sedang ada success sharing dari mas Diky.

Dan saat ini Mas Dwi bisa menjalani keseharian sebagaimana layaknya seorang freelancer/remote worker: bebas, tanpa ikatan harus 9-5 ke kantor. 

Oookay, itu mengingatkan saya akan satu hal: ini hari Senin, saatnya nggowes menembus bukit-bukit Imogiri...

- - -