Odoo • Image and Text

Muhammad Ihfazhillah: An Expert with a Little Push

Upwork Profile: https://www.upwork.com/freelancers/~011ee720dd23d358bf


Lebih dari satu tahun yang lalu, saya mem-broadcast jasa konsultasi remote work yang pertama: Remote Work: Video Course, dan Mas Ihfazh adalah salah satu member course tersebut.

Mas Ihfazh mempelajari video-video tersebut sendiri, untuk kemudian kurang lebih 4 hari setelah itu, saya mendapat message dari Mas Ihfazh tentang keberhasilannya menembus job pertamanya di Upwork.

Puas sekali! Bukan hal yang total surprise bagi saya, karena apa yang sudah saya susun memang based on experience: proven. Hanya saja saya surprise karena member baru, berhasil menembus remote work, hanya dalam hitungan hari.

Mas Ihfazh adalah kategori member yang highly skilled, hanya saja belum berhasil menembus remote work. Kategori expert seperti ini sering saya temui: fullstack dan sebagainya, namun belum berhasil menembus remote work karena berbagai alasan, diantaranya:

  1. Kurangnya visi dan motivasi apa itu remote work: segala keuntungan yang bisa didapat, kerugian yang bisa diminimalisir dan kesulitan yang seharusnya bisa dihindari.

  2. Kurang efektifnya personal branding, sehingga setinggi apapun skill Anda, maka itu useless jika dihadapkan dengan pasar remote work.

Yang menarik lagi dari Mas Ihfazh adalah: beliau tidak memiliki edukasi formal di bidang IT. Bahkan saat ini kesibukannya bukanlah fulltime IT freelancer/remote worker.

Mas Ihfazh fulltime ustadz di salah satu pesantren di Salatiga.

How cool is that? :)