Bagaimana Saya Dapat Membantu Remote Team Anda?

Odoo • Image and Text

Mengapa Remote Team?

Dua faktor utama mengapa Anda sebaiknya memilih membangun remote team adalah:

  1. Talent scouting
    Startup Anda di Makassar, dan setelah mencari-cari talent ReactJS yang Anda butuhkan, maka Anda menemukan beberapa kandidat yang potensial: namun, tidak ada satupun yang bersedia untuk relokasi ke Makassar. Bagaimana mengatasi hal tersebut? Remote work adalah solusinya.

  2. Overhead cost
    Nah, ternyata ada beberapa talent ReactJS yang berada di Kota Anda, Makassar. Maka Anda mulai berpikir untuk membuat mereka kerja on-site di kantor Anda. Setelah mencari-cari informasi, maka Anda menemukan kontrakan yang layak untuk dijadikan kantor: tempatnya strategis dan koneksi internetpun lancar. Namun, woops, setelah Anda hitung-hitung, overhead cost / bulan menembus angka puluhan juta. Bagaimana mengatasi hal tersebut? Yap, remote work. Karena Anda tidak perlu mempersiapkan kantor/gedung/koneksi internet dan lain sebagainya. Anda hanya perlu mempersiapkan framework kerja yang solid agar team Anda bisa berjalan dengan baik.

Terlihat terlau indah untuk menjadi kenyataan! Namun mengapa tidak banyak yang melakukan hal tersebut atau berhasil melakukan hal tersebut?

Karena tantangan yang harus ditaklukkan dalam membangun remote work adalah masalah mindset dan tool yang efektif untuk mengatasi kendala mindset tersebut.

Mengatasi Tantangan Membangun Remote Team

Saya pernah gagal. Tidak sampai membuat proyek berantakan, Alhamdulillah, namun sampai membuat saya harus memecat satu karyawan dan membuat karyawan lainnya meminta resign dari salah satu pekerjaan remote yang sedang saya atur. Sejak saat itu, saya mulai secara serius meramu formula membangun dan menjaga remote team untuk tetap perform dalam efektifitas terbaiknya. Ada beberapa tool online baik yang gratisan / berbayar yang saya evaluasi, uji untuk kemudian saya pergunakan atau saya ganti dengan tool yang lebih baik.

Namun, tool adalah tetap sebuah tool: mereka tetap sia-sia tanpa kepemimpinan (remote) yang efektif. Kepemimpinan adalah sebuah seni psikologi massa yang membutuhkan years of practices. Anda harus mengalami jatuh bangun dan merasakan pahitnya kegagalan memimpin untuk benar-benar menyadari nilai-nilai terbaik sebuah kepemimpinan.

Alur Kerja Saya Dalam Membantu Remote Team Anda

Sebisa mungkin, saya tidak akan melakukan perubahan drastis pada alur kerja yang saat ini sudah Anda pakai bersama tim. Karena, secara umum staff tidak akan suka dengan perubahan pada sistem yang sudah berjalan. Namun jika ada perubahan yang (tentunya) harus dilakukan, kita bersama akan melakukannya secara bertahap dan se-seamless mungkin.

Setelah menyelesaikan pendaftaran (via click link whatsapp dibawah ini), saya dan Anda akan melakukan 1 on 1 call dengan tujuan utama bagi saya memahami sistem Anda yang sudah berjalan. Pada saat itu, saya akan segera memberikan todo list yang harus Anda lakukan untuk mulai melakukan perbaikan pada tim Anda. Tahap ini akan spesifik, tidak bisa semudah saya kopi paste dari satu klien ke klien lain.

Dalam proses ini, Anda bisa memandang saya sebagai sekedar salah satu pegawai Anda, namun dengan tujuan spesifik: meningkatkan efektifitas tim baik yang onsite/remote.  Secara intensif, saya akan membantu Anda selama satu bulan dalam program ini. Dalam durasi satu bulan ini, kita akan menjalankan dua kali Sprint dalam praktik Scrum. Anda akan siap menjalankan sprint ketiga seorang diri.

Don't worry. Selepas bulan pertama, Anda masih dapat menghubungi saya untuk berbagai permasalahan remote team Anda. Namun, saya yakin core dari management remote work sudah dapat Anda kuasai selama program intensif satu bulan tersebut.

Berikut adalah tarif mentoring untuk layanan ini:


Rp. 3.000.000,00 / bulan

Dibayar Rp. 1.000.000,00 di awal dan Rp. 2.000.000,00  satu bulan berikutnya.